Jumat, 22 April 2011

persepsi



jaman kapan ikuu??

cuma selingaann..cm mau naruh artikel ttg tugas komunikasi salah satu contoh pemahaman persepsi terhadap orang lain yang saya alami..semoga tidak anda alami yaa

Beberapa waktu lalu saya sedang berkeliling di kompleks perumahan mewah di Surabaya. Saya melihat ada tempat bagus dan pemandangan indah berupa sebuah taman dengan dilengkapi kolam bebek. Saya berhenti sebentar dan ingin mengabadikan momen indah itu. Tak disangka dari arah berlawanan saya melihat satpam sedang menunjuk-nunjuk ke arah saya, namun saya masih menikmati pemandangan di sana. Beberapa menit kemudian, satpam itu mendatangi saya dan dengan wajah kejam dia mengusir saya dari taman itu. Saya hanya tertawa dan membalas mengapa orang lain yang berada di sana tidak diusir, dan satpam itu menjawab jika mereka adalah warga. Sejurus kemudian saya melihat ada beberapa orang yang jika dilihat tidak ada tampang memiliki rumah di daerah mewah itu sedang memancing. Saya pun tertawa karena ternyata satpam itu tidak mengusir mereka. Dalam hati saya memiliki persepsi yang tentunya jahat dan sok sekali tingkah satpam itu, padahal pekerjaannya hanya seorang satpam. Entahlah mungkin memang itu kewajiban yang harus dijalankannya untuk bertingkah jahat, namun tentu persepsi saya terhadap satpam itu menjadi jelek (prejudice). Seharusnya ada cara yang lebih baik dilakukan oleh satpam itu jika berhadapan dengan orang sehingga persepsi yang timbul akan menjadi jauh lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar